Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pantai Kenjeran Surabaya - Ulasan, Lokasi, Rute, Harga Tiket, & Fasilitas

Pantai Kenjeran Surabaya - Ulasan, Lokasi, Rute, Harga Tiket, & Fasilitas
Gambar/Photo Pantai Kenjeran Surabaya - © KMSTour.com
Wisata Pantai Surabaya - Siapa sangka kota Surabaya yang notabene salah satu kota industri paling sibuk juga memiliki wisata pantai yang menyenangkan? 

Pantai Kenjeran ini dapat menjadi salah satu pilihan liburan murah tanpa harus jauh – jauh ke luar kota. Berikut ini beberapa ulasan mengenai pantai Kenjeran :

Ulasan Pantai Kenjeran

Pantai Ria Kenjeran atau yang sering lebih terkenal dengan sebutan pantai Kenjeran yang terletak tak jauh dari jembatan Suramadu yang merupakan jembatan terpanjang di Asia Tenggara ini memiliki pesona pantai yang tak kalah indah dengan pantai – pantai di daerah lain. 

Pantai Kenjeran memiliki dua spot pantai yang terdiri dari pantai Kenjeran lama dan pantai Kenjeran Baru. 

Tak hanya terkenal di kalangan penduduk setempat, tetapi pantai ini selalu menjadi pilihan tempat wisata bagi pengunjung dari luar kota. 

Setelah penat disibukkan dengan beragam pekerjaan di pusat kota, pantai Kenjeran dapat menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat sejenak dan menikmati suasana pantai yang tenang.

Lokasi dan Rute Pantai Kenjeran

Berikut lokasi dan rute yang bisa Anda gunakan untuk menjangkau kawasan wisata Pantai Kenjeran Surabaya ini.

Lokasi Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran ini terletak tidak jauh dari pusat kota. Bila Anda berkendara dari pusat kota Surabaya, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh 9 km. 

Pantai yang terletak di Jalan Sukolilo, Bulak, Surabaya ini memiliki akses jalan yang cukup mudah. 

Rute Menuju Ke Pantai Kenjeran

Anda dapat menuju ke pantai ini dengan nyaman dan dapat menggunakan kendaraan apapun, mulai dari kendaraan pribadi hingga kendaraan umum. 

Bagi pengunjung yang datang dari luar kota seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Jawa Tengah dan Jawa Barat juga dapat dengan mudah menjangkaunya dengan melewati jalur pantai utara. 

Saat masuk kota Surabaya Anda dapat mengambil arah menuju pantai Kenjeran. Adanya papan penunjuk arah yang lengkap juga akan membantu perjalanan Anda menuju pantai ini.

Pantai ini memiliki lahan parkir yang cukup luas yang memungkinkan Anda dapat memarkir kendaraan dengan aman dan leluasa. 

Bagi Anda yang tak ingin berkendara dengan kendaraan pribadi pun dapat memilih untuk naik angkutan umum yang melewati rute pantai Kenjeran. 

Adanya moda transportasi online yang mudah ditemukan di Surabaya juga dapat menjadi alternatif transportasi Anda menuju ke pantai ini. 

Harga Tiket Masuk Pantai Kenjeran

Bagi Anda yang penasaran dengan harga tiket masuknya, Anda tidak perlu khawatir. Tiket masuk pantai ini tergolong cukup murah. Anda dapat masuk ke sini dengan biaya sekitar 15 ribu saja.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan di Pantai Kenjeran

Baik pantai Kenjeran lama maupun baru memiliki beragam aktivitas menarik untuk mengisi liburan atau melepas penat Anda. 

Kedua spot pantai Kenjeran ini terletak tak berjauhan, tetapi memiliki keistimewaan masing – masing.

Pantai Kenjeran Lama

Spot pantai Kenjeran lama ini merupakan spot yang lebih ‘alami’. pantai Kenjeran lama menyajikan wisata pantai konvensional layaknya spot pantai lain. 

Tetapi jangan salah, pantai ini tak pernah membosankan.

Lalu apa saja yang dapat dilakukan di pantai Kenjeran lama? Anda dapat menikmati keindahan jembatan Suramadu dari dekat. 

Spot ini merupakan spot ideal bagi Anda yang ingin menikmati indahnya jembatan Suramadu dari tepi pantai. 

Bila Anda datang menjelang sore, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan jembatan berlatar sunset yang indah. Kerlip lampu yang mulai menyala di sore hari juga menambah keindahannya, lho.

Anda pun bisa menjelajah dan melihat pulau pasir di tengah laut dengan menyewa perahu di pantai Kenjeran lama. 

Dengan naik perahu, Anda akan dibawa menjelajah ke tengah laut dan menikmati sensasi mengarungi lautan lepas. 

Di tengah perjalanan Anda akan melihat pulau pasir di tengah lautan. Perahu biasanya akan berhenti sejenak di sini dan Anda dapat menikmati bermain di pulau berpasir putih ini. 

Setelah puas Anda akan kembali diantar ke pantai.

Pantai Kenjeran Baru

Lalu bagaimana dengan pantai Kenjeran baru? Sesuai namanya, pantai ini menyajikan wisata pantai yang jauh lebih modern. 

Selain memiliki spot sunrise yang indah dinikmati saat pagi hari, salah satu daya tarik yang dimiliki pantai Kenjeran baru adalah arsitektur khas Tionghoa yang dapat Anda temukan di setiap sisi bangunan. 

Salah satu bangunan yang menarik di area ini adalah Klenteng Sanggar Agung, Pagoda Tian Ti dan ikon bangunan patung naga raksasa yang tak pernah sepi sebagai spot foto bagi para pengunjung pantai Kenjeran.

Bagi Anda yang datang bersama dengan anak – anak, spot pantai baru ini dapat menjadi pilihan tepat karena tak hanya wisata pantai, di sini juga tersedia taman bermain (playground) yang luas untuk anak – anak. 

Bagi anak – anak yang telah bosan bermain pasir di tepi pantai, dapat menuju playground ini. 

Di area playground, pantai ini memiliki wahana menarik yang cukup lengkap, mulai dari perosotan, ayunan, komedi putar hingga wahana outbound.

Seluruh spot pantai Kenjeran memiliki fasilitas yang memadai, selain fasilitas seperti mushola, kamar mandi hingga lahan parkir, pantai ini dilengkapi dengan banyak pilihan warung – warung penjual makanan khas Surabaya hingga olahan hasil laut yang lengkap dengan es kelapa muda. 

Lengkap, bukan?

Event Menarik Yang Ada di Pantai Kenjeran

Selain sebagai objek wisata, pantai Kenjeran seringkali menjadi tempat untuk menyelenggarakan berbagai event. 

Kawasannya yang menjadi satu dengan beberapa bangunan Tionghoa ini menjadikan pantai ini selalu ramai saat ada festival – festival penting bagi masyarakat Tionghoa. 

Festival penting seperti Festival Kue Bulan (Mooncake Festival) ini diselenggarakan rutin setiap tanggal 15 bulan 8 dalam kalender imlek.

Festival yang diadakan di Sanggar Agung ini biasanya menyuguhkan berbagai acara hiburan dan atraksi menarik yang dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung, seperti arak – arakan kimsin, festival lampion, barongsai, hingga pertunjukan berbagai tarian tradisional. 

Selain itu, di pantai ini juga menjadi tempat pilihan untuk menyelenggarakan event tahunan seperti festival layang – layang dan beberapa event lainnya. 

Bagi Anda yang mengunjungi pantai Kenjeran pada momen – momen tertentu tersebut, selain menikmati suasana pantai yang menyenangkan, Anda juga sekaligus menikmati pertunjukan yang mungkin tak Anda temukan pada hari – hari biasa.

Waktu Paling Ramai di pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran yang merupakan salah satu tujuan liburan ramah kantong ini selalu menjadi pilihan dan tampak tak pernah sepi pengunjung di setiap harinya. 

Tetapi bila memasuki peak season seperti pada momen – momen liburan, jumlah pengunjungnya akan semakin banyak. 

Pada saat peak season biasanya terjadi kenaikan harga tiket dan sewa perahu karena banyaknya peminat. 

Bila Anda ingin menikmati suasana pantai Kenjeran dengan lebih tenang, tidak ada salahnya bila Anda berkunjung pada hari biasa atau berangkat ke sini pada pagi hari. 

Kawasan pantai Kenjeran ini akan mulai dipenuhi oleh pengunjung yang berdatangan saat hari beranjak siang.

Tips Berwisata di Pantai Kenjeran

Bila memutuskan untuk berwisata atau berlibur ke pantai, selain bersenang – senang bermain air dan pasir, Anda harus tetap berhati – hati. 

Ombak di pantai dapat tiba – tiba beranjak naik. Bagi Anda yang datang ke pantai Kenjeran bersama dengan anak – anak harus selalu mengawasi agar anak dapat bermain dengan aman dan tenang. 

Bila memutuskan untuk menyewa perahu untuk menyeberangi laut, selalu tanyakan terlebih dahulu apakah kondisi ombak cukup tenang dan memungkinkan untuk menyeberang dengan nyaman. 

Jadi selain mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan, Anda juga dapat berlibur dengan aman dan nyaman.

Penutup

Itulah postingan tentang info wisata Pantai Kenjeran Surabaya - Ulasan, Lokasi, Rute, Harga Tiket, Aktifitas, Fasilitas & Tips Berwisata saat mengunjungi tempat wisata pantai di Surabaya satu ini.

Posting Komentar untuk "Pantai Kenjeran Surabaya - Ulasan, Lokasi, Rute, Harga Tiket, & Fasilitas"